Articles

Latest news and information about pet care, advice from veterinarians, and Indo Pet Expo!

Tips Memilih Penitipan Hewan Saat Hendak Mudik Lebaran

Berencana menitipkan hewan peliharaan saat mudik Lebaran? Simak tips dari dokter hewan Gunadi Setiadarma dalam memilih tempat penitipan hewan yang baik untuk memastikan hewan kesayangan tetap aman dan sehat selama ditinggal.

Sebentar lagi kita akan merayakan Idul Fitri alias Lebaran. Dan seperti pada umumnya, sebagian besar orang berbondong-bondong mudik ke kampung halaman masing-masing. Bagi para pemilik hewan, lebaran juga menghadirkan dilema yang besar, karena (terpaksa) harus meninggalkan hewan kesayangan selama beberapa waktu. Banyak pemilik hewan yang memilih untuk menitipkan hewan mereka di tempat penitipan hewan atau pet hotel. Namun pemilik hewan harus tetap waspada, tidak semua tempat penitipan hewan memiliki standar operasi atau pun quality control yang memadai.

Nah, biar ga salah pilih, simak tips berikut dari drh. Gunadi Setiadarma tentang cara memilih penitipan hewan agar hewan kesayangan tetap aman dan sehat selama ditinggalkan.

Kesehatan Hewan

Pastikan hewanmu sehat dan sudah divaksin lengkap. Sebaiknya berikan jarak beberapa minggu dari sebelum menitipkan untuk melakukan vaksin. Siapkan obat-obatan yang diperlukan hewan, seperti obat kutu, cacing, dan obat umum lainnya. Jika hewan sedang dalam pengobatan khusus, siapkan instruksi tertulis yang lengkap bagi tempat penitipan hewan agar mereka mengetahui takaran dan aturan pakai obat.

Perlengkapan Hewan

Siapkan semua perlengkapan hewan, mulai dari tali kekang / leash, tempat makan dan minum serta makanan hewan (jika dibutuhkan). Bagi para pemilik kucing, juga bisa menyiapkan litter box. Bagi hewan yang memiliki kebutuhan khusus, pastikan kamu juga menyiapkan instruksi lengkap secara tertulis. Dengan menggunakan perlengkapan sehari-harinya, diharapkan hewan dapat merasa senyaman tinggal di rumah sendiri.

Survey Tempat Penitipan Hewan

Jika memungkinkan, lakukanlah survey tempat penitipan hewan yang hendak dipakai. Mintalah izin untuk melihat kondisi area penitipan hewan, misalnya dengan mengecek lokasi kandang, kebersihan / sanitasi tempat, sumber makanan dan air minum yang digunakan (dianjurkan air kemasan). Perhatikan juga situasi di sekitar lingkungan penitipan hewan, apakah area tersebut bising atau terlalu ramai? Kondisi seperti ini dapat mengakibatkan hewan menjadi stress.

Dengan melakukan survey, kamu juga bisa bertemu langsung dan menilai keahlian para pegawai dalam menangani hewan. Pastikan tempat penitipan memiliki pegawai yang memang sudah terbiasa menangani hewan dan menyayangi hewan.

Kapasitas Tempat

Lebaran adalah salah satu saat tersibuk bagi tempat-tempat penitipan hewan. Membludaknya permintaan untuk menitipkan hewan terkadang dapat membuat tempat penitipan hewan kewalahan. Oleh karena itu, pastikan bahwa tempat penitipan hewan yang kamu pilih tidak sekadar asal menerima hewan yang dititipkan tanpa memperhatikan kesejahteraan hewan.

Tanyakan beberapa hal berikut kepada tempat penitipan hewan:

  • Rasio kandang dengan hewan: berapa jumlah total hewan yang akan ada di tempat penitipan hewan pada saat lebaran, dan perhatikan jumlah kandang yang tersedia. Tanyakan juga apakah hewanmu akan digabungkan dengan hewan lainnya dalam satu kandang atau terpisah.
  • Rasio ruangan dengan kandang: jumlah kandang sebaiknya tidak terlalu padat dalam satu ruangan, dianjurkan untuk tidak menumpuk lebih dari dua tingkat kandang dalam setiap ruangan.
  • Rasio pegawai dengan hewan: jumlah pegawai harus memadai untuk menangani jumlah hewan. Optimalnya, setiap pegawai hanya menangani maksimal lima ekor hewan.
mudik penitipan hewan
mudik lebaran, tips & trik memilih penitipan hewan
mudik lebaran cari penitipan hewan

Beberapa tips tambahan dalam memilih tempat penitipan hewan dan mempersiapkan hewanmu untuk dititipkan:

  1. Infokan kepada penitipan hewan mengenai jadwal dan takaran makanan, takaran obat, dan aturan pakai dengan lengkap secara tertulis.
  2. Kamu bisa membawa sehelai pakaian bekas pakai dan mainan favorit hewan untuk diletakkan di dalam kandang, sehingga dapat membantu mengurangi tingkat stress hewan saat ditinggal.
  3. Cek review tempat penitipan hewan dari kerabat dan teman. Kamu juga bisa mencoba mencari info lebih lanjut tentang tempat penitipan melalui internet.
  4. Tanyakan referal dokter hewan yang menjadi rekanan tempat penitipan hewan. Jangan lupa untuk cek silang dengan menghubungi dokter hewan tersebut.
  5. Saat menitipkan, buat perjanjian tertulis yang ditandatangani kedua belah pihak.
  6. Lakukan cek secara berkala saat kamu sedang mudik dengan menelpon tempat penitipan hewan, atau mintalah tempat penitipan hewan untuk mengirimkan foto atau video hewan selang beberapa hari sekali agar kamu dapat tetap memantau kondisi hewan kesayangan dari kampung halaman.

Demikian tips dan trik untuk memilih tempat penitipan hewan yang aman bagi hewan kesayanganmu. Selamat berlibur!

---------

Terima kasih kepada drh. Gunadi Setiadarma dan My Vets Clinic yang telah berbaik hati memberikan informasi yang ditampilkan dalam artikel ini.

Back to top